Gubsu Dan Walikota Medan Tinjau Pelaksanaan UNBK

UNBK-Medan

Gubernur Sumut H T Erry Nuradi Msi bersama Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S Msi dan Anggota DPR RI dr Sofyan Tan meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2016 pada hari pertama di SMA Negeri 1, jalan Cik Di Tiro Senin (4/4). Selain memberikan motivasi kepada Siswa yang sedang mengikuti Ujian, peninjauan ini dilakukan untuk melihat proses pelaksanaan ujian untuk pertama kalinya menggunakan sistem Computerized Based Test (CBT).

Kehadiran rombongan Gubsu, Wali Kota dan Anggota DPR RI dan sejumlah Anggota DPRD Medan disambut Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan, Dra HJ Safrimi Mpd. Kemudian rombongan menuju ke ruangan ujian guna melihat siswa yang sedang ujian menggunakan komputer.

Berdasarkan hasil peninjauan, Gubsu Erry Nuradi menjelaskan Jumlah seluruh siswa di Sumut yang mengikuti Ujian Nasional berjumlah 488.000 Siswa. Dari jumlah tersebut sebagian siswa masih menggunakan sistem manual yakni ujian tertulis.

Dijelaskan Erry, dari seluruh jumlah sekolah, hanya 99 sekolah termasuk SMA Negeri 1 yang Ujia Nasionalnya menggunakan CBT, tentunya langkah ini merupakan hal yang postif untuk perkembangan dunia pendidikan kita, saya berharap seluruh sekolah di Sumut kedepannya dapat mengembangkan ujian melalui komputer.

Jumlah tahun ini meningkat dari tahun lalu yang hanya 22 sekolah menerapkan ujian dengan komputer. “Tahun depan kita akan mengupayakan lebih banyak lagi sekolah menengah atas yang menggelar Ujian Nasional (UN) dengan sistem online atau UN Berbasis Komputer (UNBK).

Hal ini bisa dilakukan karena mulai tahun depan SMA/sederajat akan ditangani oleh pemerintah provinsi. Ia berharap, pemerintah pusat memberikan bantuan komputer bagi sekolah-sekolah di Sumut agar dapat menggelar UNBK. Artinya semuanya sudah berbasis teknologi”, jelas Erry.

Terkait dengan antisipasi jika terjadi pemadaman listrik untuk sekolah yang menggunakan CBT, Erry mengaku Pemprovsu telah berkoordinasi dengan PLN, untuk 99 sekolah akan diberikan bantuan genset yang digunakan jika terjadi pemadaman, sepeerti di Kepulan Nias saat ini terjadi pemadaman, pihak PLN telah memberikan bantuan genset.

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S Msi mengatakan ini hari pertama siswa SMA di Medan Ujian menggunakan komputer, walaupun masih terdapat Sekolah yang belum menerapkan ujian sistem CBT. Kedepan Pemko Medan akan mengadakan penyediaan komputer untuk sekolah – sekolah dengan melihat kesiapan maupun fasilitas pendukung dari sekolah tersebut. “Sistem Ujian CBT ini kan masih baru, persiapannya juga memakan waktu. jadi tahun depan Pemko Medan akan menganggarkannya”, kata Wali Kota.

Selanjutnya Wali Kota menilai tahun ini Pelaksanaan UNBK aman dan lancar, tidak ada kendala yang berarti, tetapi hanya gangguan server yang telah diselesaikan. siswa – siswi juga telah melanjutkan ujian dengan tenang. Walikota juga berpesan kepada Siswa- siswi agar mengerjakan soal dengan baik dan benar.

“Saya Berharap, kita sudah belajar selama tiga tahun, saat ini waktunya untuk kita menguji apa yang telah dipelajari selama tiga tahun, siswa tidak perlu stres, jalani saja. Jika sudah dipelajari dengan baik InshaAllah soal ujian akan dapat dijawab”, pesan Wali Kota.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan Drs Marasutan Siregar Mpd mengungkapkan jumlah siswa yang mengikuti UN SMA tahun 2016 adalah SMA 21.621, Aliyah 2.512 dan paket C 1m925. Artinya Total seluruh siswa di Kota Medan berjumlah 26.050. “sedangkan jumlah Sekolah yg melaksanakan UN sebanyak SMA 206, aliyah 28 dan SLB 19 sekolah. Artinya Total sekolah yang melaksanakan UN sebanyak 253 sekolah. Sekolah yang melaksanakan UNBK sebanyak 14 sekolah. Untuk pengawas berjumlah sekitar 2993 orang”, jelasnya.

Sebelumnya Kepala SMAN 1 Medan, Safrimi, mengatakan, pelaksanaan UN di SMA Negeri 1 berjalan dengan lancar dan tertib, hanya jasa terjadi kendala pada server sempat berlangsung selama satu jam.

“Tadi server-nya sempat terkendala. Client-nya, nomor ujiannya, soalnya jadi enggak keluar tadi. Tapi cuma di ruangan II saja. Yang empat ruangan lagi enggak”, kata Safrimi.

Dijelaskan Safrimi, Adapun UNBK di SMAN 1 Medan menggunakan lima ruangan, dengan masing-masing ruangan berisi 38 komputer. Ujian dibagi ke dalam tiga sesi, yakni sesi I pukul 7.30 – 9.30, sesi II pukul 10.30 – 12.30, dan sesi III pukul 14.00 – 16.00. “Jumlah peserta UNBK di SMAN 1 Medan yakni 575 siswa, terdiri dari 536 siswa IPA dan 39 siswa IPS”, jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *